Gallery

Kegunaan Katalog Buku/Majalah/Ebook dalam “Mencari Ilmu yang Terlewat”

250px-SML-Card-Catalog

wikipedia.org

Terkadang kita lupa akan hukum suatu permasalahan. Kita yakin sudah pernah membacanya di suatu tempat, tetapi kita lupa di buku/majalah/ebook yang mana.

Kalo kita pernah mengalami, berarti kita mempunyai masalah yang sama. Sudahkah Antum menemukan solusinya?

Kalo belum, inilah salah satu solusinya. KATALOG

Selain memudahkan pencarian, katalog suatu buku, majalah, atau ebook yang kita miliki, katalog tersebut juga berfungsi untuk membedakan judul buku atau ebook atau pun pokok bahasan yang mirip, tetapi isinya atau edisi-nya berbeda. Kita juga dapat mengetahui apakah kita mempunyai koleksi yang kita inginkan atau tidak (kalo tidak tentu kita mencari atau membelinya), dst (cari sendiri lah ya kegunaan katalog…)

Langsung saja, katalog sederhana yang saya miliki adalah sebagai berikut (tentu hanya sebagai contoh, tidak saya tampilkan seluruh koleksi saya):

1. Katalog Buku

buku

a. Di baris paling atas adalah: No; Judul Buku; Judul Asli; Penulis; Penyusun/Peringkas; Penerbit; dan Keterangan Tambahan

b. Kelompokkanlah berdasarkan pokok bahasan: Hadits; Aqidah; Manhaj; Fikih; dll (terserah)

c. Diisi lah, masak dikosongin…he..he..

d. Ini semua terdapat pada sheet “Campuran” (lihat gambar bagian paling bawah). Adapun untuk merinci pokok bahasan dalam buku yang perlu untuk dirinci, misalnya buku “Al-Masail” karya Ust. Abdul Hakim bin Amir Abdat, maka dirinci di sheet “Rincian”, contoh:

rincian

2. Katalog Majalah

majalah

a. Setiap jenis majalah dikelompokkan dalam sheet tersendiri (lihat gambar bagian paling bawah)

b. Katalog ini sangat penting, sebab majalah ilmiah seperti Al-Furqon dan As-Sunnah memuat ilmu yang sangat beragam untuk setiap satu edisi saja (apalagi jika kita mempunyai banyak edisi). Kalo katalog ini tidak dibuat, pasti banyak faedah ilmu yang kita lupakan, kecuali kalo sering muroja’ah.

3. Katalog Ebook

ebook

a. Bentuknya mirip dengan katalog buku

b. Bisa juga dibuat rincian bila perlu

c. Jika punya waktu senggang yang memadai, bisa dibuat link dari judul ebook ke file aslinya. Jadi jika kita klik judulnya, file aslinya langsung terbuka. Elegan bukan? Tidak usah memakai sofware third party.

Semakin banyak koleksi  buku/majalah/ebook yang kita miliki atau semakin lama kita menunda untuk mempunyai katalog, maka akan semakin malas kita membuatnya. Otomatis semakin banyak pula fawaid ilmu yang akan terlewat.

Orang bijak berkata (Gak tahu darimana sumbernya):

“LEBIH BAIK TERLAMBAT DARIPADA TIDAK SAMA SEKALI”

Semoga informasi ini berguna…. Semoga Sholawat dan Salam selalu tercurah kepada Nabi kita Muhammad berserta sahabatnya dan orang-orang yang mengikutinya hingga hari kiamat.

 

Abu Muhammad

Palembang, 22 Shafar 1434 H / 4 Januari 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s